Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Dapat Lampu Hijau dari DPR

- 5 Desember 2023, 17:39 WIB
DPR RI Kabulkan Permohonan Kewarganegaraan Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On
DPR RI Kabulkan Permohonan Kewarganegaraan Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On /Kolase Foto Instagram @nathantjoeaon dan @jayidzes

DEPOKDAILY.COM - Keputusan sidang paripurna DPR RI mengesahkan permintaan pemberian kewarganegaraan kepada dua calon pemain Timnas Indonesia, yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Proses naturalisasi keduanya sekarang melangkah ke tahap selanjutnya.

Pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus, mengumumkan keputusan yang didasarkan pada hasil rapat konsultasi pengganti Bamus antara pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi pada 4 Desember 2023. Keputusan tersebut adalah persetujuan terhadap hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X untuk diputuskan dalam rapat paripurna.

“Sesuai hasil pembahasan komisi III dan Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada saudara Jay Idzes dan saudara Nathan-Tjoe-A-On," ujar Lodewijk di ruang rapat paripurna, Gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Jakarta, pada hari Selasa 5 Desember 2023.

Usai menyampaikan laporan tersebut, anggota Golkar yang juga legislator itu segera mencari persetujuan dengan menanyakan pandangan anggota DPR RI yang hadir dalam rapat terkait keputusan yang telah diambil oleh Komisi III dan Komisi X.

"Pada rapat paripurna hari ini, kami meminta persetujuan terkait permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Jay Idzes dan Nathan-Tjoe-A-On. Apakah keputusan tersebut dapat disetujui?" tanya Lodewijk.

Anggota DPR RI secara kompak memberikan jawaban 'Setuju'. Dengan demikian, mekanisme selanjutnya dapat segera dilaksanakan.

"Langkah selanjutnya, persetujuan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku," ucap Lodewijk.

Proses selanjutnya, Jay dan Nathan akan menantikan penerbitan Keputusan Presiden RI (Keppres RI). Setelah keppres tersebut diterbitkan, keduanya dapat mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On memang terus dikebut oleh PSSI agar kedua pemain tersebut bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Halaman:

Editor: Galih Ridwan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x